Senin, 05 November 2018

Tugas 2 Ekonomi Manajerial

TUGAS 2


EKONOMI MANAJERIAL (EKMA4312)







Disusun oleh:
Vera Okta viana Dewi
030149086





PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UPBJJ UNIVERSITAS TERBUKA TAIWAN
TAHUN AKADEMIK
2018




1. Menjelaskan definisi dan fungsi dari Parameter dan Statistik
Parameter merupakan nilai yang mencirikan suatu populasi, sehingga untuk enghitung parameter memelukan amatan dari semua anggota populasi. Tentu saja untuk mengetahui nilai parameter membutuhkan biaya yang sangat mahal. Ongkos untuk mengetahui parameter tidak sebanding dengan kegunaan informasi dari nilai parameter tersebut. Dalam kondisi ini, estimasi (ppendugaan) terhada nilai parameter menjadi relevan. Untuk melakukan pendugaan terhadap nilai parameter memerlukan sampel (contoh) yang mewakili representatif populasi. tentu saja semakin banyak pengamatan dalam sampel (ukuran sampel), sampel semakin mewakili populasi. apabila populasi relatif homogen atau deviasi standartnya kecil, sampel ukuran kecil sudah mewakili populasi. sebaliknya untuk populasi yang relatif heterogen atau deviasi standartnya besar, ukuran sampel kecil tidak mewakili  populasi.
statistik adalah nilai rata rata dan nilai deviasi standar yang dihitung dari anggota sampel. rata rata sampel menjadi penduga rata rata populasi. deviasi standar sampel menjadi penduga deviasi standar populasi. formula deviasi standar merupakan akar dari varian. Untuk menghitung varians memerlukan rata rata yang harus dihitung dari sampel denga ukuran n, n menunjukan degrees of freedom awal. penghitungan rata rata sampel ini mengurangi degrees of freedom sebanyak satu. kemudia untuk menghitung statistik rata rata tidak diperlukan nilai statistik lainnya seperti pada perhitungan statistik varians yang memelukan statistik rata rata, oleh karena itu pembagi dari formula statistik rata rata adalah ukuran sampel. pada dasarnya nilai statistik dihitung dengan menggunakan semua anggota sampel (amatan/observasi) setiap perhitungan statistik, derajat bebas dalam analisis regresi. untuk mengestimasi koefisien sebuah variabel bebas memerlukan sebuah derajat bebas.
2. Menjelaskan struktur pasar dalam kondisi bersaing sempurna, monopoli, oligopoli
1. Pasar persaingan sempurna

● dilihat dari pengertian
adalah suatu pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, barang yang didagangkan adalah barang homogen atau barang yang sama dan penjual tidak memiliki kebebasan dalam menentukan harga.
● dilihat dari banyaknya perusahaan, pasar persaingan sempurna memiliki perusahaan atau produsen yang sangat banyak.
● dilihat dari jenis produksinya, pasar persaingan sempurna menghaslkan barang standar yang sejenis(homogen).
● dilihat dari kebebasan menentukan harga, produsen dalam pasar persaingan sempurna tidak memiliki kebebasan dalam menentukan harga.
● dilihat dari kemungkinan produsen masuk dan keluar pasar, dalam pasar persaingan persaingan sempurna produsen bisa keluar dan masuk pasar dengan sangat mudah.
● dilihat dari persaingan diuar harga, pasar persaingan sempurna tidak memiiki persaingan di luar harga.
contoh: Kegiatan pertanian.

2. Pasar Monopoli
❖ dilihat dari pengertian, pasar monopoli merupakan suatu pasar yang hanya memiliki satu penjual saja sehingga pembeli tidak punya pilihan dan penjual memiliki pengaruh besar dalam perubahan harga.
❖ dilihat dari banyaknya perusahaan, dalam pasar monopoli hanya terdapat satu perusahaan atau penjual.
❖ dilihat dari jenis produksinya, barang yang didagangkan pada pasar monopoli adalah barang yang unik atau langka.
❖ dilihat dari kebebasan menentukan harga, dalam pasar monopoli penjual memiliki pengaruh besar dalam merubah harga sedangkan pembeli tidak bisa merubah harga.
❖ dilihat dari kemungkinan produsen masuk dan keluar pasar, pasar monopoli tidak memungkinkan produsen baru memasuki pasar.
❖ dilihat dari persaingan diuar harga, pasar monopoli tidak memerlukan promosi iklan
contoh: perusahaan berlian, emas, minyak bumi.


3. Pasar oligopoli
● dilihat dari pengertian, pasar oligopoli yaitu pasar yang hanya terdapat beberapa produsen di dalamnya yang saling mempengaruhi dan bersaing dalam kualitas barang.
● dilihat dari banyaknya perusahaan, pasar oligopoli memiliki sedikit perusahaan atau produsen.
● dilihat dari jenis produksinya, pasar oligopoli menghasilkan barang standar atau berbeda corak.
● dilihat dari kebebasan menentukan harga, dalam pasar oligopoli adakalanya produsen tangguh dan adakalanya lemah dalam memengaruhi harga.
● dilihat dari kemungkinan produsen masuk dan keluar pasar, dalam pasar oligopoli cukup sulit bagi produsen untuk keluar masuk pasar.
● dilihat dari persaingan diuar harga, pasar oligopoli memiliki persaingan yang cukup besar dalam promosi dan kualitas
contoh: Perusahaan baja, perusahaan mobil, perusahaan alat – alat listrik.

4 komentar: