Nama : vera okta viana Dewi
NIM : 030149086
Latihan Mandiri
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
1. Unsur terpenting dalam organisasi adalah
a. Uang
b. Mesin
c. Metode
d. Material
e. Manusia
2. Tahapan manajemen SDM dimulai dengan
a. Pelatihan
b. Penempatan
c. Kontrak kerja
d. Perencanaan
e. Pengembangan
3. Manajemen SDM yang berupa pemberian THR merupakan bagian dari
a. Perencanaan SDM
b. Penempatan SDM
c. Pemeliharaan SDM
d. Pengangkatan SDM
e. Pengembangan SDM
4. Menurut Berman, E.M. et all (2001), salah satu nilai-nilai tentang karyawan pada sektor tradisional adalah
a. Karyawan sebagai biaya
b. Karyawan sebagai kekayaan
c. Memperhatikan Pengakuan
d. Karyawan adalah tamu perusahaan
e. Karyawan menjadi fokus perubahan
5. Nilai-nilai tentang kerja pada masa baru adalah:
a. Protektif
b. Analisis masalah
c. Fokus pada pakar
d. Fokus pada tradisi
e. Fokus pada pelanggan
6. Salah satu tantangan terbesar di bidang MSDM akibat adanya perubahan secara teknologis adalah..
a. Mendorong kerja sama mutualistis
b. Mahalnya pemeliharaan sarana kerja
c. Pengelolaan semangat kerja bawahan
d. Melatih karyawan agar tetap dapat mengikuti kemajuan teknologi
7. Adanya berbagai tantangan bisnis menimbulkan berbagai implikasi manajemen SDM, di antaranya adalah implikasi kepemimpinan masa depan, maksudnya yaitu pemimpin pada semua level perusahaan harus...
a. bekerja secara efektif
b. Mengelola SDM secara efisien
c. Mendambakan dan berkomitmen untuk menang
d. Meningkatkan kesejahteraan karyawan perusahaan
8. Salah satu acuan yang digunakan sebelum melakukan rekrutmen karyawan adalah...
a. analisis jabatan
b. penilaian kinerja
c. penempatan karyawan
d. pemutusan hubungan kerja
9. Salah satu isi pokok analisis jabatan adalah...
a. beban kerja
b. besaran upah
c. spesifikasi jabatan
d. sistem penghargaan
10. Salah satu variabel pokok MSDM dalam implementasi strategik adalah..
a. seleksi
b. suasana kerja
c. karakter atasan
d. sistem penghargaan
11. Yang bukan termasuk metode analisis jabatan adalah
a. kuesioner
b. observasi
c. wawancara
d. Deskripsi jabatan
12. Yang termasuk penjelasan dalam deskripsi jabatan adalah
a. Pendidikan terakhir
b. Tinggi badan dan usia
c. Tugas dan Wewenang
d. Sertifikasi kompetensi yang harus dimiliki
13. Salah satu isi spesifikasi jabatan adalah..
a. resiko kerja
b. Kondisi kerja
c. Pengetahuan dan ketrampilan
d. Tanggung jawab dan kewajiban
14 Larangan mempekerjakan anak di bawah umur tertuang dalam ...
a. UU nomor 3 tahun 2013
b. UU nomor 13 tahun 2013
c. UU nomor 17 tahun 2003
d. UU Nomor 13 Tahun 2003
15. Syarat-syarat yang harus dipenuhi pengusaha yang ingin mempekerjakan anak adalah...
a. Memiliki kecerdasan yang memadai
b. Memiliki postur badan setinggi orang dewasa
c. Harus ada ijin tertulis dari orang tua atau wali
d. Harus sudah mampu naik kendaraan bermotor
16. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja...
a. perempuan lansia
b. perempuan janda
c. perempuan hamil
d. perempuan lajang
17. Pada dasarnya, seleksi calon karyawan bertujuan untuk mencari kandidat ...
a. memiliki IQ tinggi
b. tepat dan berkualitas
c. sehat jasmani dan rohani
d. pandai bersosialisasi
18. Penempatan kerja haruslah bersifat objektif, artinya..
a. penempatan dilakukan berdasarkan kemampuan karyawan
b. masing-masing pihak bebas memilih tanpa adanya tekanan
c. informasi disampaikan kepada pelamar kerja secara jelas meiputi jenis pekerjaan, besaran upah, dan jam kerja
d. pekerjaan yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan dan persyaratan jabatan, serta tidak memihak kepentingan tertentu
19. Menurut Bernardin dan Russell (1998), upah lembur termasuk kategori
a. upah rutin
b. tunjangan jabatan
c. penghargaan pujian
d. kompensasi finansial
20. Pembayaran tetap yang diterima oleh karyawan secara reguler, baik dalam bentuk gaji rutin bulanan, mingguan, atau harian disebut..
a. Upah insentif
b. kompensasi total
c. kompensasi dasar
d. kompensasi tidak langsung
21. Dalam teori keadilan upah, keadilan dibedakan dalam tiga hal, yaitu..
a. keadilan internal, eksternal, kelompok
b. keadilan keadilan dasar, insentif, langsung
c. keadilan internal, eksternal, dan individual
d. keadilan internal, eksternal, dan tidak langsung
22. Salah satu kriteria kompensasi efektif adalah "layak", artinya..
a. mudah dipahami oleh karyawan
b. penghargaan yang diterima harus masuk akal
c. setiap orang harus dibayar adil sesuai dengan usaha, kemampuan, dan keahlian
d. memenuhi persyaratan minimum menurut pemerintah, serikat pekerja, dan manajer
23. Keadilan yang mengacu pada pembandingan upah antar jabatan atau pekerjaan serupa pada organisasi lain disebut dengan ...
a. Keadilan individu
b. Keadilan internal
c. Keadilan jabatan
d. Keadilan eksternal
24. Salah satu kriteria pengukuran kinerja yang efektif menurut Ivancevich (1992) adalah..
a. Unik
b. Praktis
c. Kompleks
d. Ekonomis
25. Suatu pengukuran kinerja harus sesuai dengan output aktual. Hal ini merupakan makna dari kriteria ..
a. Praktis
b. Relevan
c. Objektif
d. Sensitivitas
26. Contoh teknik penilaian kinerja yang termasuk dalam pendekatan keperilakuan adalah...
a. MBO
b. BARS
c. Ranking
d. Paired Comparison
27. Teknik penilaian kinerja yang paling sederhana untuk mengurutkan peringkat karyawan disebut...
a. BOS
b. BARS
c. Ranking
d. Forced Distribution
28. Kesalahan penilaian kinerja yang terjadi karena penilai membiarkan karakteristik tunggal dari seseorang sehingga mempengaruhi pertimbangan penilai. Ini merupakan penjelasan dari kesalahan penilaian kinerja yang disebut...
a. Recency
b. Leniency
c. halo effect
d. Kecenderungan tengah
29. Menurut Edwin B Flippo, pelatihan dan pengembangan memiliki nilai penting berikut, kecuali...
a. mempertinggi moral karyawan
b. meningkatkan produktivitas kerja
c. mengurangi pengawasan ketika bekerja
d. mempertinggi tingkat kecelakaan dalam bekerja
30. Yang termasuk dalam metode pelatihan antara lain adalah..
a. on the job, simulasi, dan demonstrasi
b. simulasi, demonstrasi, dan rotasi pekerjaan
c. business game, rotasi, dan coaching and counseling
d. simulasi, on the job training, dan coaching and counseling
31. Indikator kebutuhan pelatihan adalah sebagai berikut, kecuali
a. Banyak keluhan karyawan
b. Terjadi kemacetan produk
c. Terjadi kemacetan pembayaran
d. Adanya peningkatan absensi yang tinggi
32. Hal-hal yang perlu kita lakukan saat menganalisis kebutuhan suatu pelatihan, diantaranya sebagai berikut, kecuali...
a. Analisis tugas
b. Analisis individu
c. Analisis organisasi
d. Analisis beban kerja
33. Hasil dari studi kasus dan business games adalah....
a. anekdot
b. video interaktif
c. uang hasil magang
d. on the job
34. Perusahaan yang wajib menerapkan Sistem Manajemen K3 karena alasan berikut, kecuali..
a. Memiliki tenaga kerja 75% perempuan
b. Memiliki tenaga kerja minimal 100 orang
c. Memiliki potensi bahaya karena bahan produksinya membahayakan
d. Memiliki potensi bahaya karena karakteristik pekerjaannya beresiko tinggi
35. Cara mengukur keselamatan kerja dengan menunjukkan seberapa sering kejadian yang menyebabkan karyawan luka atau cacat disebut..
a. Tingkat tunggal
b. Tingkat kekerapan
c. Tingkat keparahan
d. Tingkat keselamatan
36. Menurut Byars dan Rue (1997), ada empat elemen dasar yang paling sukses dalam program K3, kecuali...
a. sikap positif terhadap keselamatan kerja harus ada dan terpelihara
b. program harus mendapat dukungan tulus dari semua level manajemen
c. setiap orang atau departemen tidak harus menguasai program keselamatan kerja karena sudah menjadi tanggung jawab komite K3.
d. perlu dinyatakan secara jelas bahwa seluruh manajer oprasi harus menganggap keselamatan kerja sebagai bagian integral dalam tugasnya
37. Pada dasarnya, keselamatan dan kesehatan kerja yang diterapkan di perusahaan bersifat..
a. rehabilitasi korban kecelakaan
b. pengobatan terhadap penyakit
c. pencegahan terhadap kecelakaan kerja
d. pemberantasan terhadap penyakit menular
38. Menurut Ivancevich, program perawatan kesehatan preventif meliputi hal-hal berikut, kecuali...
a. pemberian gizi yang lebih baik
b. program olahraga secara teratur
c. tidak merokok dan minum alkohol
d. program wisata di setiap akhir pekan
39. Isi dari spesifikasi jabatan merupakan ...
a. persyaratan minimal untuk jabatan tertentu
b. memberikan penghargaan kepada karyawan
c. menuliskan atau membuat tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk jabatan tersebut
d. proses memahami apa tanggung jawab setiap jabatan dan kontribusi hasil jabatan tersebut terhadap pencapaian hasil atau tujuan organisasi
40. Dengan memiliki karyawan yang bersedia melakukan kerja lembur, maka perusahaan dapat menghindari ….
a. biaya perekrutan
b. biaya overhead pabrik
c. tingkat absensi karyawan
d. tingkat kerusakan produk
Terimakasih mba postingannya, sangat membantu...
BalasHapussama sama
HapusPeemisi mba, trimakasih sebelumnya.. oh ya Ada tugas 1 msdmnya ga ya ?
BalasHapus