Senin, 20 November 2017

tugas 3 perekonomian indonesia

NAMA : VERA OKTA VIANA DEWI
NIM : 030149086
TUGAS 3 PEREKONOMIAN INDONESIA
1. Jelaskan indikator gariskemiskinan yang diungkapkan oleh Profesor Sayoga !
 Indikator kemiskinan lain diungkapkan oleh Profesor Sayoga: Dibedakan antara daerah perkotaan dan pedesaan. Garis kemiskinan untuk pedesaan ditetapkan setara dengan 240 kg beras per  kapita per tahun.Sedangkan untuk daerah perkotaan setara dengan 360 kg beras per kapita per tahun
2. Dalam perekonomian yang sudah sangat mapan sekalipun pengangguran tetap ada, yang dikenal dengan naturalunemployment atau pengangguran alamiah. Jelaskan mengapa demikian !
Karena Pengangguran memeng tidak bisa dihilangkan sama sekali .Dalam perekonomian yang sudah sangat mapan sekalipun pengangguran tetap ada, yang dikenal dengan natural unemployment atau pengangguran alamiah. Misalnya karena adanya ketrampilan penganggur yang tidak sesuai (structural unemployment), upah yang tidak cocok (tuntutan reservation wage), menanti sementara waktu untuk bekerja (frictional unemployment) dan sebagainya.
3.Jelaskan beberapa masalah mendasar yang dihadapi pemerintah daerah yang terkait dengan kurangnya sumber daya keuangan !
 Ada beberapa masalah mendasar yang dihadapi pemerintah daerah yang terkait dengan kurangnya sumber daya keuangan, yaitu :
 1. Tingginya tingkat kebutuhan daerah (fiscal need) sementara penerimaan daerah (fiscalcapacity) tidak cukup untuk mebiayai kebutuhan daerah, sehingga keadaan tersebut menimbulkan fiscal gab. 2. Kualitas pelayanan publik yang masih memprihatinkan 
3. Rendahnya kualitas sarana dan prasarana seperti jalan, pasar dan terminal
 4. DAU dari pemerintah pusat yang tidak mencukupi

 5. Belum diketahui potensi PAD yang mendekati kondisi riil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar