Senin, 20 November 2017

tugas 1 komunikasi bisnis

Nama : vera okta viana dewi
NIM : 030149086
Tugas 1 EKMA4159 komunikasi bisnis

1.Ada beberapa kendala berlangsungnya komunikasi antar budaya yang menghargai perbedaan budaya.          Coba anda deskripsikan kendala tersebut dan berilah contoh yang sesuai.
Hambatan Komunikasi Antar Budaya
1. Keanekaragaman dari tujuan-tujuan komunikasi. Masalah komunikasi sering terjadi karena alasan dan motivasi untuk berkomunikasi yang berbeda-beda, dalam situasi antarbudaya perbedaan ini dapat menimbulkan masalah.
2. Etnosentrisme banyak orang yang menganggap caranya melakukan persepsi terhadap hal-hal disekelilingnya adalah satu-satunya yang paling tepat dan benar, padahal harus disadari bahwa setiap orang memiliki sejarah masa lalunya sendiri sehingga apa yang dianggapnya baik belum tentu sesuai dengan persepsi orang lain. Etnosentrisme cenderung menganggap rendah orang-orang yang dianggap asing dan memandang budaya-budaya asing dengan budayanya sendiri karena etnosentrisme biasanya dipelajari pada tingkat ketidaksadaran dan diwujudkan pada tingkat kesadaran, sehingga sulit untuk melacak asal usulnya.
3. Tidak adanya kepercayaan karena sifatnya yang khusus, komunikasi antarbudaya merupakan peristiwa pertukaran informasi yang peka terhadap kemungkinan terdapatnya ketidak percayaan antara pihak-pihak yang terlibat.
4. Penarikan diri komunikasi tidak mungkin terjadi bila salah satu pihak secara psikologis menarik diri dari pertemuan yang seharusnya terjadi. Ada dugaan bahwa macam-macam perkembangan saat ini antara lain meningkatnya urbanisasi, perasaan-perasaan orang untuk menarik diri dan apatis semakin banyak pula.
Komunikasi antar budaya adalah komunikasi yang terjadiantara orang-orang yang mempunyai perbedaan budaya, baikdari bahasa, symbol-simbol atau latar belakang di mana iaberada, komunikasi antar budaya pada dasarnya mengkajibagaimana budaya berpengaruh terhadap aktivitas komunikasi,apa makna verbal dan nonverbal menurut budaya-budayabersangkutan.
Dalam berkomunikasi, senantiasa diperhadapkan dengan hambatan komunikasi (communication barrier) yakni segala sesuatu yang menjadi penghalang untuk terjadinya komunikasi yang efektif (Chaney & Martin, 2004: 11). Contoh dari hambatan komunikasi antarbudaya adalah kasus anggukan kepala, dimana di Amerika Serikat anggukan kepala mempunyai arti bahwa orang tersebut mengerti sedangkan di Jepang anggukan kepala tidak berarti seseorang setuju melainkan hanya berarti bahwa orang tersebut mendengarkan. Dengan memahami mengenai komunikasi antar budaya maka hambatan komunikasi semacam ini dapat kita lalui.
 2.Cobalah perhatikan imbauan yang disebarluaskan Palang Merah Indonesia (PMI) yang mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Pengorganisasian pesan seperti apa yang digunakan? Buatlah pengorganisasian pesan dengan cara yang membuat komunikasi yang dilakukan PMI lebih efektif !
Pesan yang dilakukan pmi untuk mengajak masyarakat mendonorkan darah ialah  melalui perancangan ilkan layanan masyarakat Tujuan dari perancangan ini adalah untuk membuat konsep dan rancangan sebuah iklan layanan masyarakat yang persuasif dan menarik bagi target khalayak.Diharapkan dengan adanya iklan ini masyarakat lebih sadar dan bersedia melakukan kegiatan donor darah.
Metode perancangan ini diawali dengan mempelajari latar belakang masalah dan fakta-fakta tentang donor darah di Indonesia. Latar belakang tersebut dapat diketahui hal apa saja yang diharapkan untuk dibandingkan dengan kenyataan yang ada. Selanjutnya dari permasalahan-permasalahan yang ada dapat dirumuskan tujuan dari perancangan. Tahap berikutnya adalah pengumpulan baik data pustaka dan data lapangan yang akan dianalisis dan disintesis, sehingga menghasilkan perancanganmedia iklan layanan masyarakat berdasarkan model perancangan pengembangan.
Hasil perancangan iklan ini terdiri dari media utama yaitu iklan animasi pendekberbasis pemodelan tiga dimensi dan motion graphic dan media komunikasipendukungnya terdiri dari: sign board, stand banner, poster, booklet paper toys mobil pmi dan pamflet.
Media tersebut diharapkan dapat meningkatkan inovasi kegiatan promosi PMI agar lebih banyak masyarakat yang tersadarkan dan melakukan akan pentingnya donor darah.

3.Deskripsikan tentang prinsip komunikasi bisnis!
komunikasi bisnis terdapat 7 prinsip yakni sebagai berikut:
Completeness
Memberikan informasi selengkap mungkin kepada pihak yang membutuhkan, hal ini untuk ketenangan, kepercayaan, dan juga kepastian.
Conciseness
Komunikasi disampaikan melalui kata kata yang jelas, singkat dan padat tanpa banyak basa basi.
Concretness
Pesan yang di komunikasikan disusun secara spesifik, dan tidak abstrak.
Consideration
Pesan yang disampaikan harus mempertimbangkan situasi penerima/ komunikan
Clarity
Pesan yang di komunikasikan disusun dalam kalimat yang mudah dipahami oleh komunikan.
Courtesy
Sopan santun dan tata krama merupakan hal yang penting dalam berkomunikasi yang merupakan bentuk penghargaan kepada komunikan.
Correctness

Pesan yang disampaikan secara cermat. Seperti pesan tertulis biasanya dibuat sedemikian rupa, hingga memperhatikan tata bahasa dan untuk pesan lisan juga disampaikan dengan mengingat kemampuan bahasa komunikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar