Nama : vera okta viana
dewi
NIM : 030149086
Tugas 1 EKMA4159
komunikasi bisnis
1.Ada beberapa
kendala berlangsungnya komunikasi antar budaya yang menghargai perbedaan
budaya. Coba anda deskripsikan
kendala tersebut dan berilah contoh yang sesuai.
Hambatan Komunikasi
Antar Budaya
1. Keanekaragaman dari tujuan-tujuan komunikasi. Masalah
komunikasi sering terjadi karena alasan dan motivasi untuk berkomunikasi yang
berbeda-beda, dalam situasi antarbudaya perbedaan ini dapat menimbulkan masalah.
2. Etnosentrisme banyak orang yang menganggap caranya
melakukan persepsi terhadap hal-hal disekelilingnya adalah satu-satunya yang
paling tepat dan benar, padahal harus disadari bahwa setiap orang memiliki
sejarah masa lalunya sendiri sehingga apa yang dianggapnya baik belum tentu
sesuai dengan persepsi orang lain. Etnosentrisme cenderung menganggap rendah
orang-orang yang dianggap asing dan memandang budaya-budaya asing dengan
budayanya sendiri karena etnosentrisme biasanya dipelajari pada tingkat ketidaksadaran
dan diwujudkan pada tingkat kesadaran, sehingga sulit untuk melacak asal
usulnya.
3. Tidak adanya kepercayaan karena sifatnya yang khusus,
komunikasi antarbudaya merupakan peristiwa pertukaran informasi yang peka
terhadap kemungkinan terdapatnya ketidak percayaan antara pihak-pihak yang
terlibat.
4. Penarikan diri komunikasi tidak mungkin terjadi bila
salah satu pihak secara psikologis menarik diri dari pertemuan yang seharusnya
terjadi. Ada dugaan bahwa macam-macam perkembangan saat ini antara lain
meningkatnya urbanisasi, perasaan-perasaan orang untuk menarik diri dan apatis
semakin banyak pula.
Komunikasi antar budaya adalah komunikasi yang terjadiantara
orang-orang yang mempunyai perbedaan budaya, baikdari bahasa, symbol-simbol
atau latar belakang di mana iaberada, komunikasi antar budaya pada dasarnya
mengkajibagaimana budaya berpengaruh terhadap aktivitas komunikasi,apa makna
verbal dan nonverbal menurut budaya-budayabersangkutan.
Dalam berkomunikasi, senantiasa diperhadapkan dengan
hambatan komunikasi (communication barrier) yakni segala sesuatu yang menjadi
penghalang untuk terjadinya komunikasi yang efektif (Chaney & Martin, 2004:
11). Contoh dari hambatan komunikasi
antarbudaya adalah kasus anggukan kepala, dimana di Amerika Serikat anggukan
kepala mempunyai arti bahwa orang tersebut mengerti sedangkan di Jepang
anggukan kepala tidak berarti seseorang setuju melainkan hanya berarti bahwa
orang tersebut mendengarkan. Dengan memahami mengenai komunikasi antar budaya
maka hambatan komunikasi semacam ini dapat kita lalui.
2.Cobalah perhatikan imbauan yang
disebarluaskan Palang Merah Indonesia (PMI) yang mengajak masyarakat untuk
mendonorkan darahnya. Pengorganisasian pesan seperti apa yang digunakan? Buatlah pengorganisasian pesan dengan cara
yang membuat komunikasi yang dilakukan PMI lebih efektif !
Pesan yang dilakukan pmi untuk mengajak masyarakat
mendonorkan darah ialah melalui
perancangan ilkan layanan masyarakat Tujuan dari perancangan ini adalah untuk
membuat konsep dan rancangan sebuah iklan layanan masyarakat yang persuasif dan
menarik bagi target khalayak.Diharapkan dengan adanya iklan ini masyarakat
lebih sadar dan bersedia melakukan kegiatan donor darah.
Metode perancangan ini diawali dengan mempelajari latar
belakang masalah dan fakta-fakta tentang donor darah di Indonesia. Latar
belakang tersebut dapat diketahui hal apa saja yang diharapkan untuk
dibandingkan dengan kenyataan yang ada. Selanjutnya dari
permasalahan-permasalahan yang ada dapat dirumuskan tujuan dari perancangan.
Tahap berikutnya adalah pengumpulan baik data pustaka dan data lapangan yang
akan dianalisis dan disintesis, sehingga menghasilkan perancanganmedia iklan
layanan masyarakat berdasarkan model perancangan pengembangan.
Hasil perancangan iklan ini terdiri dari media utama yaitu
iklan animasi pendekberbasis pemodelan tiga dimensi dan motion graphic dan
media komunikasipendukungnya terdiri dari: sign board, stand banner, poster,
booklet paper toys mobil pmi dan pamflet.
Media tersebut diharapkan dapat meningkatkan inovasi
kegiatan promosi PMI agar lebih banyak masyarakat yang tersadarkan dan
melakukan akan pentingnya donor darah.
3.Deskripsikan
tentang prinsip komunikasi bisnis!
komunikasi bisnis terdapat 7 prinsip yakni sebagai berikut:
Completeness
Memberikan informasi selengkap mungkin kepada pihak yang
membutuhkan, hal ini untuk ketenangan, kepercayaan, dan juga kepastian.
Conciseness
Komunikasi disampaikan melalui kata kata yang jelas, singkat
dan padat tanpa banyak basa basi.
Concretness
Pesan yang di komunikasikan disusun secara spesifik, dan
tidak abstrak.
Consideration
Pesan yang disampaikan harus mempertimbangkan situasi
penerima/ komunikan
Clarity
Pesan yang di komunikasikan disusun dalam kalimat yang mudah
dipahami oleh komunikan.
Courtesy
Sopan santun dan tata krama merupakan hal yang penting dalam
berkomunikasi yang merupakan bentuk penghargaan kepada komunikan.
Correctness
Pesan yang disampaikan secara cermat. Seperti pesan tertulis
biasanya dibuat sedemikian rupa, hingga memperhatikan tata bahasa dan untuk
pesan lisan juga disampaikan dengan mengingat kemampuan bahasa komunikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar