Senin, 20 November 2017

tugas 1 perekonomian indonesia

Nama : vera okta vian dewi
NIM : 030149086
Tugas 1 perekonomian indonesia
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi !
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.
2. Sebutkan dan jelaskan penyebab internal krisis moneter yang dialami Indonesia !
1.   Yang pertama, stok hutang luar negeri swasta yang sangat besar dan umumnya berjangka pendek, telah menciptakan kondisi bagi “ketidakstabilan”. Hal ini diperburuk oleh rasa percaya diri yang berlebihan, bahkan cenderung mengabaikan, dari para menteri di bidang ekonomi maupun masyarakat perbankan sendiri menghadapi besarnya serta persyaratan hutang swasta tersebut.
2. Yang kedua, dan terkait erat dengan masalah di atas, adalah banyaknya kelemahan dalam sistem perbankan di Indonesia. Dengan kelemahan sistemik perbankan tersebut, masalah hutang swasta eksternal langsung beralih menjadi masalah perbankan dalam negeri.
3. Yang ketiga, sejalan dengan makin tidak jelasnya arah perubahan politik, maka isu tentang pemerintahan otomatis berkembang menjadi persoalan ekonomi pula.
4.  Yang keempat, perkembangan situasi politik telah makin menghangat akibat krisis ekonomi, dan pada gilirannya memberbesar dampak krisis ekonomi itu sendiri.
3. Jelaskan mengapa pemerintah perlu mengeluarkan subsidi untuk masyarakat !
3.Agar masyarakat dapat menjangkaunya baik berupa pembayaran,benda,maupun harga2 yang sulit dijangkauinya dan masyarakatpun memiliki kepuasan. Dengan adanya subsidi membantu untuk mensejahterakan rakyat. Subsidi termasuk program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar