Nama : vera okta
viana dewi
Nim : 030149086
Tugas 2
Pengantarbekonomi mikr0 (ESPA4111)
1.Jelaskan dan
uraikan tentang ciri-ciri pasar monopoli.
Pengertian pasar monopolistik dan ciri-cirinya – Pasar
Monopolistik adalah salah satu pasar yang dimana terdapat banyak produsen yang memproduksi atau menghasilkan barang
serupa tetapi mempunyai perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual di pasar
monopolistik tidak terbatas, tapi setiap produk yang dihasilkan pasti mempunyai
karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk-produk lainnya.
Seperti misalnya sabun mandi, shampo, pasta gigi, dan
sebagainya. Meskipun fungsi dari semua sabun mandi sama yaitu untuk
membersihkan badan, akan tetapi setiap produk yang dihasilkan oleh produsen
yang berbeda memiliki ciri yang khusus, seperti misalnya perbedaan wangi,
warna, kemasan, bentuk dan sebagainya. Atau ada juga definisi pasar
monopolistik yaitu pasar yang dimana terdapat banyak produsen atau perusahaan
yang menjual barang yang berbeda corak.
A. Ciri-ciri pasar monopolistik
Berikut ini ciri dari pasar monopolistik, diantaranya
seperti:
1. Terdapat banyak produsen/penjual.
Pasar ini memang memiliki banyak produsen, tapi pasar ini
tidak memiliki produsen sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada satu
pun produsen yang memiliki skala produksi yang lebih besar dari pada produsen
lainnya.
2. Adanya diferensiasi produk.
Pasar ini menjual produk yang cenderung sama, tapi memiliki
banyak perbedaan khususnya dengan produk lain, seperti misalnya dari cara
pengemasan, bentuk dan sebagainya.
3. Produsen dapat mempengaruhi harga.
Di pasar ini dimana harga terbentuk berdasarkan dari
mekanisme pasar, oleh sebab itu pasar monopolistik dapat mempengaruhi harga
meskipun tidak sebesar pasar oligopoli maupun pasar monopoli.
4. Produsen dapat keluar masuk pasar.
Dalam hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis, ketika
produsen hanya sedikit di pasar maka laba ekonomisnya akan tinggi. Saat
produsen semakin banyak, otomatis laba ekonomis akan semakin kecil, maka pasar
semakin menjadi tidak menarik dan produsen dapat meninggalkan pasar.
5. Promosi penjualan harus aktif.
Di pasar ini harga bukanlah merupakan pendongkrak jumlah
pembeli atau konsumen, melainkan kemampuan produsen atau perusahaan untuk
menciptakan citra yang baik dimata para konsumen, sehingga dapat menimbulkan
fanatisme terhadap produk. Jadi, iklan atau promosi memiliki peran yang sangat
penting dalam meraih dan mempertahankan banyak konsumen.
2.Jelaskan beberapa
efek negatif pasar industry monopoli
Dampak Negatif
a. timbulnya
ketidakstabilan harga
b. kecilnya volume produksi menimbulkan adanya biaya sosial
yaitu biaya yang ditanggung oleh
masyarakat.
c. adanya unsur ketidakadilan sebab monopolis akan menekan
biaya produksi serendah-rendahnya pada
pasar produksi dan dengan harga tinggi di pasar barang
d. kepentingan umum banyak diabaikan, sebab orientasi
usahanya hanya didasarkan atas untung rugi saja.
3.Sebutkan 2 jenis
pajak yang digunakan untuk mengatur industry monopoli.
Pajak Lump sum
adalah pajak yang dikenakan sebesar jumlah tertentu berapapun kuantitas output
yang diproduksi dan dijual. Pajak Lumo sum bagi perusahaan merupakan biaya
tetap.
Pajak spesifik
adalah pajak yang dikenakan (sebesar rupiah tertentu) per satuan output. Pajak
spesifik bagi perusahaan merupakan biaya variable.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar