Senin, 20 November 2017

tugas 2 pengantar ekonomi mikro

Nama : vera okta viana dewi
Nim : 030149086
Tugas 2 Pengantarbekonomi mikr0 (ESPA4111)
1.Jelaskan dan uraikan tentang ciri-ciri pasar monopoli.
Pengertian pasar monopolistik dan ciri-cirinya – Pasar Monopolistik adalah salah satu pasar yang dimana terdapat banyak produsen  yang memproduksi atau menghasilkan barang serupa tetapi mempunyai perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual di pasar monopolistik tidak terbatas, tapi setiap produk yang dihasilkan pasti mempunyai karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk-produk lainnya.
Seperti misalnya sabun mandi, shampo, pasta gigi, dan sebagainya. Meskipun fungsi dari semua sabun mandi sama yaitu untuk membersihkan badan, akan tetapi setiap produk yang dihasilkan oleh produsen yang berbeda memiliki ciri yang khusus, seperti misalnya perbedaan wangi, warna, kemasan, bentuk dan sebagainya. Atau ada juga definisi pasar monopolistik yaitu pasar yang dimana terdapat banyak produsen atau perusahaan yang menjual barang yang berbeda corak.
A. Ciri-ciri pasar monopolistik
Berikut ini ciri dari pasar monopolistik, diantaranya seperti:
1. Terdapat banyak produsen/penjual.
Pasar ini memang memiliki banyak produsen, tapi pasar ini tidak memiliki produsen sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada satu pun produsen yang memiliki skala produksi yang lebih besar dari pada produsen lainnya.
2. Adanya diferensiasi produk.
Pasar ini menjual produk yang cenderung sama, tapi memiliki banyak perbedaan khususnya dengan produk lain, seperti misalnya dari cara pengemasan, bentuk dan sebagainya.
3. Produsen dapat mempengaruhi harga.
Di pasar ini dimana harga terbentuk berdasarkan dari mekanisme pasar, oleh sebab itu pasar monopolistik dapat mempengaruhi harga meskipun tidak sebesar pasar oligopoli maupun pasar monopoli.
4. Produsen dapat keluar masuk pasar.
Dalam hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis, ketika produsen hanya sedikit di pasar maka laba ekonomisnya akan tinggi. Saat produsen semakin banyak, otomatis laba ekonomis akan semakin kecil, maka pasar semakin menjadi tidak menarik dan produsen dapat meninggalkan pasar.
5. Promosi penjualan harus aktif.
Di pasar ini harga bukanlah merupakan pendongkrak jumlah pembeli atau konsumen, melainkan kemampuan produsen atau perusahaan untuk menciptakan citra yang baik dimata para konsumen, sehingga dapat menimbulkan fanatisme terhadap produk. Jadi, iklan atau promosi memiliki peran yang sangat penting dalam meraih dan mempertahankan banyak konsumen.
2.Jelaskan beberapa efek negatif pasar industry monopoli
Dampak Negatif
a.  timbulnya ketidakstabilan harga
b. kecilnya volume produksi menimbulkan adanya biaya sosial yaitu biaya yang      ditanggung oleh masyarakat.
c. adanya unsur ketidakadilan sebab monopolis akan menekan biaya produksi  serendah-rendahnya pada pasar produksi dan dengan harga tinggi di pasar barang

d. kepentingan umum banyak diabaikan, sebab orientasi usahanya hanya didasarkan atas untung rugi saja.
3.Sebutkan 2 jenis pajak yang digunakan untuk mengatur industry monopoli.
 Pajak Lump sum adalah pajak yang dikenakan sebesar jumlah tertentu berapapun kuantitas output yang diproduksi dan dijual. Pajak Lumo sum bagi perusahaan merupakan biaya tetap.

Pajak spesifik adalah pajak yang dikenakan (sebesar rupiah tertentu) per satuan output. Pajak spesifik bagi perusahaan merupakan biaya variable.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar