Minggu, 23 April 2017

Tugas 3 Bahasa Indonesia

Tugas 3 bahasa indonesia
Nama ; vera okta viana dewi
Nim ; 030149086
1). Ada berapa jumlah wacana atau paragraf? Sebutkan
Ada 4 paragraf :
·          paragraf  1 deduktif ( dalam budaya modern ini, remaja dihadapkan pada berbagai tantangan untuk melakukan hal hal kreatif ).
·          Paragraf 2  induktif ( Melalui aktivitas menulis kita dapat mengungkapkan segala sesuatu yang kita rasakan / pikirkan, bersedia membukat diri dan bertanya kepada teman, guru pembingbing / datang keperpustakaan untuk memperoleh sumber sumber bacaan).
·          Paragraf 3  induktif ( Menulis sesungguhnya adalah upaya mengekspresikan apa yang kita lihat ,alami, rasakan, dan pikirkan kedalam bahasa tertulis).
·         Paragraf 4  deduktif ( Tentu saja untuk menyajikan tulisan yang bagus, kita harus memilih bahan yang bagus pula, tidak boleh asal-asalan).
2). Susunlah sebuah wacana yang terdiri atas 5-8 paragraf (200-250 kata) dengan tema Potensi Wisata Alam Indonesia. Jenis paragraf deskripsi atau persuasi.
Jawab: Paragraf Persuasi
Potensi Wisata Alam Indonesia
Sektor pariwisata di Indonesia merupakan salah satu penyumbang devisa terbanyak. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia sepanjang tahun 2014 mencapai dari 9,44 juta orang, atau meningkat 7,19 persen dibandingkan dengan tahun 2013.
Berdasarkan data dari Central Intelligence Agency (CIA), alam Indonesia memiliki kombinasi iklim tropis, 17.508 pulau, dan garis pantai terpanjang ketiga di dunia. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Kekayaan alam yang banyak terkandung di dalamnya tentu memilki berbagai macam bentuk potensi yang didukung dengan keunikan dan warisan budaya yang menjadi ciri khas masing-masing daerah di Indonesia.
Keragaman flora, fauna dan ekosistemnya yang terdapat di alam Indonesia, serta keragaman budaya, merupakan potensi untuk pengembangan wisata di negara ini. Alam Indonesia memang kondusif untuk dijadikan sebagai obyek wisata yang akan memperkaya dan meningkatkan devisa. Mengeksplorasi alam melalui sebuah wisata memang merupakan hal yang cukup menarik untuk.
Wind, peneliti lingkungan, memberikan pendapat mengenai faktor utama dalam usaha untuk menarik pengunjung wisata alam adalah dengan mengkhaskan pada keadaan alam dan budaya, hubungan masyarakat dan pelayanan dalam daerah taman wisata dan wisata alam. Untuk menarik wisatawan seharusnya menjadi hal yang mudah karean kondisi alam Indonesia sangat potensial.
Wisata alam di Indonesia belum dikembangkan secara optimal. Pendapatan pariwisata Indonesia yang berasal dari wisata alam kurang dari 5%. Oleh karena itu, pemerintah bersama masyarakat harus menggali dan mengembangkan segala potensi wisata alam di seluruh penjuru Indonesia. Selain itu,  kita juga harus lebih giat dalam mempromosikan  wisata alam Indonesia.
3. Bacalah dengan cermat wacana dibawah ini, kemudian tentukan judul yang tepat bagi wacana tersebut da buat ringkasan / ikhtisar.
 Judul yang tepat untuk wacana diatas adalah “ ayo menulis “
Ringkasan:
Dalam budaya modern ini, remaja dihadapkan pada berbagai tantangan untuk melakukan hal-hal kreatif. Salah satu tantangan itu adalah membiasakan diri menulis. Melalui aktivitas menulis kita dapat mengungkapkan segala sesuatu yang kita rasakan atau pikirkan, bersedia membuka diri dengan bertanya kepada teman, guru pembimbing atau datang ke perpustakaan untuk memperoleh sumber-sumber bacaan. Menulis sesungguhnya adalah upaya mengekspresikan apa yang kita lihat, alami, rasakan, dan pikirkan ke dalam bahasa tulis. Bahan tulisan bisa  berasal dari kejadian atau peristiwa yang kita alami dan rasakan ataupun dari pengalaman orang lain dan lingkungan di sekitar kita.





















                                                                                                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar