Minggu, 23 April 2017

Tugas 2 bahasa indonesia

Nama: vera okta viana dewi
Nim : 030149086

Tugas 2 Bahasa Indonesia
1. a) Tulisan/ bacaan diatas tergolong jenis Argumentasi
B) Alasan atas jawaban diatas adalah Artikel ilmiah populer yakni tidak terikat secara ketat dengan aturan penulisan ilmiah. Sebab, ditulis lebih bersifat umum, untuk konsumsi publik. Dinamakan ilmiah populer karena ditulis bukan untuk keperluan akademik tetapi dalam menjangkau pembaca khayalak. Karena itu aturan aturan penulisan ilmiah tidak begitu ketat. Artikel ilmiah populer biasanya dimuat disurat kabar atau majalah. Artikel dibuat berdasarkan berpikir deduktif atau induktif, atau gabungan keduanya yang bisa dibungkus dengan opini penulis. Menurut jenisnya  tulisan/ bacaan tersebut tergolong argumentasi. Argumentasi hanya digunakan untuk meyakinkan pembaca agar menyetujui pendapat penulis. Meskipun terdapat kalimat “ sudah saatnya indonesia mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak dengan mengembangkan sumber energi pengganti yang ramah lingkungan dan terbarukan,” kalimat tersebut belum menunjukkan ajakan yang kuat hanya menunjukkan opini penulis. Dapat dilihat dari ciri ciri wacana argumentasi yang sesuai dengan tulisan/ bacaan tersebut :
a)       Merupakan pendapat atau pernyataan  penulis yang terdapat pada paragraf 7
b)      Data,fakta dan alasan yang mendukung pendapat penulis yang terdapat pada paragraf 2 dan 9
c)       Fakta dapat berupa  ( benda konkret, rasionalisasi, penalaran penulis angka statistik yang terdapat pada paragraf 7
d)      Hanya digunakan untuk meyakinkan pembaca agar menyetujui pendapat penulis yang terdapat pada paragraf terakhir
2. a) tema tulisan / bacaan diatas adalah aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup, banyak mengalami dampak negatif ( merusak bumi). Oleh sebab itu perlu diadakan sebuah pengolahan yang salah satunya adalah dengn cara bioenergi/ biogas yang dapat dikembangkan sebagai sumber energi ramah lingkungan.
Jadi tema tulisan diatas adalah “Bioenergi ramah lingkunagan atau Biogas sumber energi Ramah Lingkungan.
B) topik inti tulisan diatas adalah pengolahan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang baik akan berdampak baik  pula terhadap bumi dan lingkungan. Jadi topik intinya yaitu sumber energi ramah lingkungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar