Sabtu, 09 November 2019

Tugas 2 Audit SDM



AUDIT SDM (EKMA4476)
TUTOR; Ibu Intan Zoraya, S.E., M.M


logo ut



Disusun oleh:
Vera Okta viana Dewi
030149086





PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UPBJJ UNIVERSITAS TERBUKA TAIWAN
TAHUN AKADEMIK
2019.2

TUGAS TUTORIAL  KE-2
PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Nama Mata Kuliah
:
Audit SDM
Kode Mata Kuliah
:
EKMA 4476
Jumlah sks
:
2 SKS
Nama Pengembang
:
Dewi Shinta Wulandari Lubis,BSc.Soc,MHRM
Nama Penelaah
:
Ni Wayan Marsha, S.Tr.Par., M.Par
Status Pengembangan
:
Baru
Tahun Pengembangan
:
2019
Edisi Ke-
:
2 (Dua)

No
Tugas Tutorial
Skor Maksimal
Sumber Tugas Tutorial
1
Terdapat beberapa instrumen dalam audit SDM, silahkan sebutkan dan jelaskan 3 diantaranya.
40
Modul 3 KB 1
2
30
Modul 3 KB 1
3.
30
Modul 4 KB 2
* coret yang tidak sesuai

1.     Beberapa instrumen dalam audit SDM,
·         Analisis Dokumen
Analisis dokumen SDM yang dapat dilakukan antara lain dengan menilai berbagi dokumen terkait pengelolaan SDM perusahaan seperti uraian dan spesifik jabatan, perhitungan kebutuhan tenaga kerja, SOP rekrutmen dan seleksi, evaluasi terhadap hasil pelatihan, formulir penilaian kinerja.
·         Wawancara
Wawancara merupakan cara yang samgat efektif untuk mendapatkan informasi atau mengklarifikasi temuan yamg dihasilkan dari analisis dokumen. Wawancara bisa dilakukan terhadap manajer SDM, profesional SDM yang menangani aktifitas manajemen SDM tertentu, seperti staf bagian rekrutmen dan seleksi, atau staf yang menangani pelatihan.
·         Analisis Historis
Analisis terhadap data historis dapat dapat dilakukan dalam audit SDM, misalnya dengan membandingkan selection ratio untuk jabatan tertentu, tingkat kehadiran karyawan, atau jumlah jam pelatihan per orang per tahun selama beberapa tahun terakhir.
·         survei
Auditor juga dapat melakukan survei, misalnya untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan atau survei terhadap manajer lini terhadap Efektifitas departemen SDM dalam menjalankan fungsinya terkait pengelolaan SDM. Survei dengan menggunakan kuisioner ini menawarkan beberapa keuntungan dalam audit SDM. Keuntungan utama dari kuisioner adalah auditor mendapatkan informasi yang banyak dalam waktu dan biaya yang relatif kecil.
·         Eksperimen
Audit SDM dapat juga dilakukan melalui eksperimen, misalnya dengan menerima calon karyawan yang hasil psikotesnya kurang disarankan untuk menilai reliabilitas dan validitas alat tes yang digunakan.

2.     contoh kuesioner yang bisa diterapkan dalam Audit MSDM-BK

AUDIT KOMPABILITAS
1.      Apakah strategi SDM yang dimiliki telah mampu mengembangkan Multi peran departemen SDM sebagai administratif expert, employee champion, change of agent dan strategic partner? Berikan uraian jawaban anda secara singkat, padat disertai alasan yang mendasarinya.

2.      Apakah strategi SDM yang dimiliki sudah selaras dengan strategi perusahaan? Bila sudah selaras/belum selaras berikan uraian jawaban dan contoh konkret secara singkat, padat, dan tepat disertai alasan yang mendasarinya.


3.      Apakah anda setuju bahwa strategi SDM yang dimiliki BUMN diindonesia sudah memprioritaskan integrasi antar sun sistem perencanaan SDM, Rekrutmen, Seleksi, pelatihan dan pengembangan SDM, karier, penilaian kinerja, Balas jasa, Hubungan industrial, dan sistem informasi SDM? Bila Anda setuju/tidak setuju berikan uraian jawaban secara singkat, padat disertai alasan yang mendasarinya.

4.      Apakah strategi SDM yang dimiliki BUMN yang sudah go publik sudah terkait dengan karakteristik bisnis perusahaan dan sudah berbasis kompetensi? Bila sudah/belum terkait berikan uraian jawaban anda secara singkat, padat disertai alasan yang mendasarinya.


5.      Apakah strategi SDM sudah berbasis kompetensi?


Audit rekrutmen dan seleksi
1.      Apakah ada kebijakan yang menyatakan filosofi perusahaan dalam rekrutmen dan seleksi pegawai? Apakah kebijakan mencakup prosedur yang bisa dijadikan pedoman oleh manajer dalam melaksanakan proses rekrutmen dan seleksi pegawai?

2.      Apakah ada posisi jabatan dalam perusahaan yang khusus bertanggung jawab dan melakukan koordinasi dalam melaksanakan proses rekrutmen dan seleksi pegawai?


3.      Apakah ada proses formal dalam mengidentifikasi dan mengisi jabatan yang kosong?

4.      Apakah rekrutmen dilakukan secara proaktif mengacu pada metode perencanaan? Apakah proses rekrutmen terkait dengan perencanaa strategik SDM?


5.      Apakah kualifikasi setiap posisi jabatan mengacu target dan tanggung jawab dari setiap posisi jabatan? Apakah persyaratan jabatan sudah berbasis kompetensi?

6.      Apakah pegawai internal diberikan pertimbangan dan prioritas kesempatan untuk mengisi jabatan yang lowong? Bila posisi jabatan mempertimbangkan untuk diberikan kepada pegawai diluar perusahaan, dasar pertimbangan apa yang digunakan manajemen?


7.      Apakah ada prosedur job posting yang secara formal diberlakukan diperusahaan? Bila ada apakah dalam job posting tersebut dinyatakan target, kebutuhan dan persyaratan jabatan yang selaras dengan uraian jabatan?

8.      Apakah ada strategi rekrutmen yang diterapkan manajemen? Siapa yang bertanggung jawab atas pengembangan strategi rekrutmen tersebut? Apakah strategi rekrutmen juga mencakup program aksi dan memenuhi kebutuhan SDM yang beragam?


9.      Jenis sumber mana yang digunakan perusahaan untuk mencari pelamar? Melalui surat kabar? Jurnal profesi? Kampus? Festival dan ekspos pencarian tenaga kerja? Instansi pemerintah? Lembaga masyarakat? Referensi pegawai dalam? Asosiasi profesi?

10.  Apakah perusahaan mengevaluasi Efektifitas dan biaya dari evaluasi tersebut dikomunikasikan?

3.     Menghitung tingkat lowongan pekerjaan, disertai dengan ilustrasinya (contoh).
Menghitung tingkat Lowongan Pekerjaan
Untuk mengukur tingkat lowongan pekerjaan, dapat dilakukan perhitungan sebagai berikut;
Jumlah formasi adalah total seluruh posisi yang ada dalam perusahaan,bukan jabtan. Misalnya dalam sebuah outlet ritel terdapat komposisi jabatan dan posisi sebagai berikut.
No
Jabatan
Posisi
1
Manajer outlet
1
2
Kasir
3
3
Pelayanan
7
4
Petugas kebersihan
2
5
Petugas keamanan
2
Maka total formasi dalam outlet tersebut adalah 15 orang. Apabila saat ini outlet tersebut memiliki 12 orang karyawan maka tingkat lowonhan pekerjaan pada outlet tersebut adalah sebagai berikut:

Tingkat Lowonhan perkerjaan =100%-
Tingkat Lowonhan perkerjaan =100%-
                                                = 100%-80% = 20%


Tidak ada komentar:

Posting Komentar