Senin, 22 April 2019

Tugas 1 Perilaku Konsumen (EKMA4567)

TUGAS 1

PERILAKU KONSUMEN (EKMA4567)
TUTOR: Dr. Ginta Ginting, M.B.A




Disusun oleh:
Vera Okta viana Dewi
030149086





PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UPBJJ UNIVERSITAS TERBUKA TAIWAN
TAHUN AKADEMIK
2019


Tugas 1

Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent.

Pepsodent adalah salah satu produk pasta gigi yang sampai saat ini masih meraih pangsa pasar paling besar. Kondisi persaingan yang semakin ketat, perusahaan selalu dituntut untuk mampu menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang telah ada. Dalam upaya memperoleh dan mempertahankan konsumen dibutuhkan usaha pemesaran yang intensif untuk menjaga loyalitas konsumen terhadap pasta gigi Pepsodent.

Pepsodent telah memiliki kosumen dengan tingkat kepercayaan yang tinggi sehingga loyalitas mereka pun tidak diragukan lagi. Sampai saat ini survey menunjukkan merk pasta gigi yang paling diminati  oleh masyarakat adalah Pepsodent, sementara merk lain dengan jenis produk yang sejenis penjualannya masih dibawah rata-rata penjualan Pepsodent. Meskipun demikian, Unilever selaku produsen terus berusaha meningkatkan penjualan dengan berbagai strategi pemasaran. 

                                                    

Pertanyaan:

Strategi pemasaran apa yang harus dilakukan oleh PT Unilever dalam rangka meningkatkan volume penjualan sekaligus mempertahankan pangsa pasar saat ini. (Jawaban Anda hanya boleh jika dikaitkan  dengan teori motivasi, kepribadian, informasi, pengetahuan konsumen dan persepsi konsumen)

Selamat Mengerjakan Tugas.


STRATEGI PEMASARAN PRODUK PT.UNILEVER INDONESIA

Strategi pemasaran yang harus dijalankan oleh Pepsodent adalah dengan memperhatikan terkait dengan Teori Motivasi. Dalam hal ini konsumen akan menempatkan Pepsodent sebagai kebutuhan fisiologis. Di mana salah satu kebutuhan fisiologis adalah mengani tubuh yang sehat. Maka dengan menerapkan pemasaran dengan kampanye bahwa gigi tidak sehat maka akan mengganggu kesehatan tubuh lainnya Penggunaan media kampanye anak kecil merupakan salah satu bentuk mendekatkan bahwa pepsodent dapat digunakan di semua aspek usia. Dalam hal ini usia anak kecil akan mempermudah persepsi yang dibangun bahwa gigi sehat akan memberikan dampak positif lainnya bagi tubuh Dalam hal mengedepankan kepribadian dan gaya hidup sehat maka Pepsodent akan terus bertahan sebagai pasta gigi nomor satu. Persepsi masyarakat bahwa Pasta gigi ya Pepsoden maka akan meningkatkan nilai yang ada dari brand tersebut. Strategi pemsaran selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan varian treatment atau kandungan dalam setiap pasta gigi. Dengan demikian konsumen akan menerima brand tersebut dan mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan pribadi dan gaya hidup masing- masing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar