TUGAS 1
MANAJEMEN OPERASI JASA (EKMA4369)
TUTOR: Bapak Suhdi, S.St,M.T
Disusun oleh:
Vera Okta viana Dewi
030149086
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UPBJJ UNIVERSITAS TERBUKA TAIWAN
TAHUN AKADEMIK
2019
Soal :
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Manajemen Operasi !
Manajemen operasi merupakan kegiatan menciptakan produk dan jasa melalui proses transformasi input menjadi output. Manajemen operasi dapat didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan yang meliputi desain, operasi, dan perbaikan sistem yang menciptakan dan menyampaikan produk dan jasa atau pelayanan.
2. Tuliskan beberapa keputusan yang diambil seorang maneger operasi (menurut
Heizer dan Render 2008)!
● Desain produk dan jasa atau pelayanan, meliputi produk atau jasa apa sajakah yang ditawarkan dan bagaimana mendesain produk dan jasa atau pelayanan tersebut.
● Manajemen kualitas, yang meliputi siapa yang bertanggung jawab terhadap kualitas produk atau jasa dan bagaimana perusahaan mendefinisikan kualitas produk dan jasa atau pelayanan tersebut.
● Desain proses dan kapasitas, meliputi proses yang dibutuhkan untuk membuat produk tersebut serta peralatan dan teknologi apa sajakah yanh dibutuhkan untuk melaksanakan proses tersebut.
● Lokasi, meliputi dimanakah lokasi yang tepat untuk melaksanakan kegiatan operasi dan kriteria apakah yang digunakan sebagai dasar dalam mengambil keputusan lokasi perusahaan.
● Desain dan tata letak, yang meliputi bagaimana mengatur fasilitas-fasilitas untuk memudahkan kegiatan operasi dan mencapai tujuan.
● Sumber daya manusia dan desain pekerjaan, yang meliputi bagaimana menyediakan lingkungan kerja yang baik dan berapa banyak output yang diharapkan dapat dihasilkan karyawan.
● Manajemen rantai nilai, yang meliputi keputusan membuat sendiri atau membeli bahan baku yang dibutuhkan, menentukan siapakah pemasok perusahaan, dan menentukan pemasok yang mau berintegrasi dalam perusahaan.
● Persediaan, perencanaan kebutuhan bahan, dan just in time, yang meliputi berapakah persediaan yang harus ada dan kapan harus melakukan pemesanan.
● Penjadwalan proyek dan kegiatan jangka menengah dan jangka panjang, yang meliputi keputusan melakukan subkontrak atau kerja lembur, atau apakah perusahaan lebih baik menyediakan tenaga kerja lebih banyak walaupun permintaan menurun.
● Pemeliharaan atau perawatan, yang meliputi siapakah yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan perawatan mesin dan peralatan perusahaan.
3. Jelaskan secara singkat sejarah perkembangan manajemen operasi yang anda
ketahui!
Menurut Heizer dan Render (2005) sejarah manajemen operasi terbagi menjadi 3 fokus, yaitu fokus pada biaya (cost focus), fokus pada kualitas (quality focus), fokus pada kebiasaan (customization focus). Fokus pada biaya terdiri dari konsep awal manajemen operasi, era manajemen ilmiah, dan era produksi masa. Konsep awal manajemen operasi (1776-1880) ditandai dengan spesialisasi tenaga kerja oleh Adam Smith dan Babbage dan standarisasi pekerjaan oleh Whitney. Sementara pada tahun (1880-1910) yang merupakan era manajemen ilmiah yang menunjukkan berbagai perkembangan awal manajemen operasi.
Tahun 1930-an terdapat 2 konsep yaitu pengendalian kualitas dan motivasi kerja dengan Howthorne Studies. Masa tersebut dikenal dengan era hubungan antar manusia (Human relation). Pengendalian kualitas mulai ditekankan dan adanya peran strategik dalam operasi.
Tahun 1950-1960-an merupakan masa perkembangan pesat manajemen operasi dan alat-alat yang digunakan dalam penelitian operasi, seperti simulasi, teori antrean, teori pengambilan keputusan, pemograman matematika, dan Tehnik penjadwalan proyek, yaitu PERT dan CPM.
Tahun 1980-an atau yang dikenal dengan fokus pada kualitas, muncul paradigma strategi pemanufaktur sebagai senjata untuk bersaing yang dilakukan oleh sekolah bisnis Harvard. Pada masa tersebut Taichi Ohno dari Jepang, W. Edward Deming dan J.M juran memperkenalkan just in time (JIT), pengendalian kualitas menyeluruh (TQC) dan otomasi pabrik dengan berbagai alat seperti kan an, poka-yokes, robot, Computer Aided Design (CAF)/ Computer Aided Manufacturing (CAM), Computer Integrated Manufacturing (CIM), Flexsible Manufacturing System (FMS), Electronic Data Interchange (EDI).
4. Jelaskan pengertian “Jasa” menurut Edvardsson et al., 2005!
Definisi Edvardsson et al. (2005) mengenai jasa berfokus pada penawaran kepada pelanggan, sehingga jasa atau pelayanan merupakan segala sesuatu pada level abstrak dan bisa dioperasionalisasikan dan diinterpretasikan dengan cara yang berbeda. Pelayanan pada level empiris mencakup berbagai perbedaan penawaran, organisasi, dan pelanggan. Definisi jasa tergantung pada pendekatan atau cara pandang. Pendekatan pertama menekankan jasa sebagai kegiatan yang merupakan obyek pertukaran, pendekatan kedua yaitu pelayanan yang dijelaskan sebagai pandangan terhadap penciptaan nilai.
5. Jelaskan 5 perbedaan dari barang dan jasa!
BARANG JASA/PELAYANAN
Bersifat nampak atau berwujud--> Bersifat tidak nampak.tidak berwujud
Produksi dan konsumsi dilakukan secara terpisah--> Produksi dan konsumsi dilakukan secara simultan
Interaksi dengan pelanggan rendah--> Interaksi dengan pelanggan tinggi
Definisi barang/produk konsisten-->Definisi barang tidak konsisten
Produk bersifat umum-->Jasa bersifat khusus atau sesuai permintaan pelanggan
6. Apakah alasan utama manajemen melakukan desain dan pengembangan jasa ?
Alasan utamanya yaitu organisasi harus menciptakan jasa atau pelayanan baru atau memperbaiki pelayanan yang ada karena kebutuhan dan harapan pelanggan berubah dengan cepat dan kebutuhan baru selalu muncul. Perubahan gaya hidup juga berpengaruh pada kebutuhan jasa atau pelayanan. Oleh karena itu, organisasi jada harus tanggap terhadap berbagai perubahan, baik dari sisi pelanggan maupun pesaing. Hal ini yang memotivasi organisasi untuk mengembangkan jasa atau pelayanan yang baru. Desain jasa mencakup pengembangan konsep jasa atau pelayanan dan desain sistem.
7. Jelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam desain jasa?
● Sistem penyampaian, yang meliputi struktur proses, cetak biru jasa atau pelayanan, dan posisi strategik.
● Desain fasilitas, yang meliputi lokasi jasa, arsitektur, aliran proses dan tata letak.
● Lokasi, yang meliputi permintaan geografis, pemilihan lokasi, dan strategi lokasi.
● Perencanaan kapasitas, yang meliputi peran strategik, model antrian, dan kriteria perencanaan.
● Informasi, yang meluputi teknologi dan penggunaan internet.
● Kualitas, yang meliputi pengukuran, kualitas desain, alat-alat pengendalian kualitas, perbaikan dan six sigma.
● Pelayanan yang dihadapi, yang meliputi budaya, hubungan pasokan, dan outshorcing.
● Pengelolaan kapasitas dan permintaan, yang meliputi strategi, pengelolaan antrian, dan pengelolaan hasil.
8. Tuliskan beberapa karakteristik design data atau pelayanan menurut Silvestro
2003?
1. Adanya fasilitas dan sumber daya pusat panggilan.
2. Adanya ukuran dan kapasitas pusat panggilan.
3. Adanya sistem telepon.
4. Adanya sistem keahlian.
5. Staf yang ahli, memiliki kompetensi, dan terlatih.
9. Jelaskan macam macam pendekatan yang dapat dilakukan dalam mendesign jasa!
● Jasa atau pelayanan rutin dapat dilakukan menggunakan pendekatan lini produksi (production-line approach). Dengan pendekatan tersebut pelayanan diberikan dengan pengendalian lingkungan untuk menjamin konsistensi antara kualitas dan efisiensi kegiatan operasional.
● Pendekatan antara (intermediate approach) membagi pelayanan menjadi pelayanan dengan hubungan kuat dan pelayanan hubungan lemah antara pemberi jasa dan pelanggan.
● Penggunaan teknologi informasi yang mutakhir digunakan dalam pendekatan pemberdayaan informasi (information empowerment approach).
10. Tuliskan beberapa teknik dan alat yang dapat digunakan dalam membantu design
jasa !
1. Quality Function Deployment (QFD)
2. Cetak biru jasa (service blueprint)
3. Penaskahan (scripting)
4. Penutup jasa (servicescape)
5. Analisis garis antrian (waiting line analysis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar