Selasa, 23 Oktober 2018

Tugas 1 Manajemen pemasaran

TUGAS 1


MANAJEMEN PEMASRAN (EKMA4216)

TUTOR: IBU DENIA MAULANI, SE, MM





Disusun oleh:
Vera Okta viana Dewi
030149086





PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UPBJJ UNIVERSITAS TERBUKA TAIWAN
TAHUN AKADEMIK
2018
                                                                                                                                  ig, vera_cuprut92
1. Sebutkan Segmen Pasar (Sgmenting) Konsumen produk Kopi !
Segmen pasar disini mulai dari kelas premium sampai mahasiswa. Satu lagi pemain lokal yang ikut uji peruntungan di pasar ini adalah Maxx Coffee. 
2. Sebutkan segmen pasar yang digarap (Targeting) Maxx Coffee! Mana yang diterapkan di antara segmentasi demografis geografis, demografis pribadi, dan prsikografis keperilakuan? Jelaskan.
Segmen pasar yang diterapkan Maxx Coffee disini adalah segmentasi demografis geografi dimana disini dijelaskan di tahun pertama berdiri (2015), Maxx Coffee telah hadir di Lippo Plaza Medan, Lippo Plaza Kairagi Manado, Lippo Plaza Kupang, Lippo Plaza Jogja, Palembang Icon, Maxx Box Orange County Cikarang, Aeon Mall BSD, dan yang terbaru merupakan flagship shop Maxx Coffee di Maxx Box Lippo Village Karawaci. Menyusul beberapa gerai lainnya di Kupang, Surabaya, Manado Bali, dan Pulau Buton, hingga total 50 gerai per Maret 2016.
3. Sebutkan Keunggulan Maxx Coffee dibanding Pesaingnya
keunggulan Maxx Coffee disini yang menjadi modal ampuh menghadapi kompetitor adalah strategi marketing dengan mengoptimalkan media sosial, menggandeng komunitas, menggelar brand activation, dan melakukan beragam program promo.
4. Peluang apa saja yang dimanfaatkan Maxx Coffee dalam memasarkan produknya?

Peluang yang dimanfaatkan Maxx Coffee disini yaitu ketimbang gerai kopi asing, harga minuman di Maxx Coffee bisa lebih murah karena tidak perlu membayar royalti. Selain itu, metode penyajian kopi di Maxx Coffee juga adalah cold brew, yakni proses menyarikan bubuk kopi dengan air es di wadah khusus. Ini merupakan metode penyajian kopi terbaru yang tengah booming di kalangan barista.

5. Sebutkan strategi bauran pemasaran (4P) yang digunakan Maxx Coffee

Product : merek(maxx coffe), pengusung merek (PT.maxx coffe prima lippo group), produk yang dipasarkan (coffe shop atau kedai shop)
Price : Rp 19.000,- sampai Rp 47.000,-
Place : penyebaran gerai selain di jakarta juga menyebar diluar jakarta, bentuk gerai full coffe shop, counter/kontainer di wilayah parkiran.
Promotion : media sosial, menggandeng komunitas,menggelar brand activator, dan melakukan beragam promo.




6. Dari lima konsep sebagai bentuk filosofi dalam pemasaran yaitu konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran dan konsep pemasaran kemasyarakatan. Apa filosofi pemasaran yang diterapkan Maxx Coffee?

Disini filosofi pemasaran yang diterapkan Maxx Coffee adalah konsep produk, konsep penjualan dan konsep pemasaran.

7. Kelangsungan hidup perusahaan juga sangat tergantung dari kemampuan perusahaan menciptakan hubungan baik dengan konsumen (consumer relationship). Apakah Maxx Coffee menerapkan konsep tersebut, jelaskan 

Iya,, karena Maxx Cofee disini semuanya berkonsep interaktif. Misalnya, bersama radio Light FM dan komunitas Classic Disco, kami menggelar aktivasi yang sifatnya engagement dengan konsumen. Kami juga menggelar promosi ‘Buy 1 Get 1 Free’. Saat puasa pun kami menggelar program promo,”



3 komentar:

  1. Jawaban kaka sangat bagus, sangat membantu..
    Ka maaf sebelumnya, penyelesaian no 4 dan 5 itu bagaimana ya ?? Gambarnya tidak bisa dibuka..

    Terima kasih

    BalasHapus