TUGAS 1
MANAJEMEN OPERASI (EKMA4215)
TUTOR ; IBU MAEDALENA, ST,MM
Disusun oleh:
Vera Okta viana Dewi
030149086
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UPBJJ UNIVERSITAS TERBUKA TAIWAN
TAHUN AKADEMIK
2018
IG. vera_cuprut92
1. Gambarkan proses trasformasional dalam perusahaan dan jelaskan 10 tugas dalam manajemen operasional!
Umpan balik Persyaratan
10 tugas dalam manajemen operasional
l Desain produk dan jasa yairu kegiatanmenentukan produk atau jasa apa yang akan ditawarkan kepada pelanggan dan bagaimana desainnya.
l Pengelolaan kualitas yaitu menentukan karakteristik kualitas produk atau jasa yang dihasilkan dan siapa yang bertanggung jawab menciptakannya
l Desain proses dan kapasitas yaitu menentukan jenis proses dan besarnya kapasitas yang dibutuhkan dalam menghasilkan produk atau jasa dan peralatan atau teknologi apakah yang dibutuhkan dalam proses atau kegiatan operasional tersebut.
l Strategi penentuan lokasi yaitu menetukan lokasi perusahaan yang tepat sesuai dengn kriteria yang dibutuhkan dalam menentukan lokasi yang tepat
l Strategi penentuan tata letak yaitu menentukan bagaimana mendesaintata letak perusahaan sesuai dengn karakteristik proses produksi atau operasional perusahaan
l Sumber daya manusia dan desain pekerjaan yaitu menentukan desain pekerjaan operasional yang mendukung kelancaran proses produksi
l Manajemen rantai pasokan yaitu menentukan bagaimana melakukan pengintegrasian seluruh kegiatan operasional perusahaan
l Persediaan, perencanaan kebutuhan material, dan ketepatan waktu pengadaan yaitu menentukan berapakah persediaan bahan baku
l Penjadwalan jangka panjang dan menengah yaitu menentukan urutan proses atau pemberian layanan dan bagaimana kegiatan/ proses tersebut dijalankan
l Pemeliharaan yaitu menentukan bagaimana keandalan proses produksi/ pelayanan yang diberikan kepada pelanggan
2. Bagaimana perbedaan produk dan jasa (layanan) dalam keputusan operasional
Keputusan Operasional
|
produk
|
jasa
|
Desain produk dan jasa
|
Produk biasanya tampak/nyata (misal TV)
|
Produk biasanya tidak tampak/tidak nyata (misal senyuman
|
kualitas
|
Ada beberapa standar kualitas objektif (berfungsinya suatu produk)
|
Ada berbagai standar kualitas subjektif (suasana yang menyenangkan
|
Desain proses dan kapasitas
|
Pelanggan tidak terlibat dalam proses desain (perakitan mobil)
|
Pelanggan terlibat secara langsung (salon)
|
Pemilihan lokasi
|
Dekat bahan baku dan tenaga kerja (pabrik baja dekat dengan bijih baja)
|
Harus dekat dengan pelanggan (persewaan mobil)
|
Desain tata letak
|
Tata letak harus mendukung proses produksi lebih efisien (lini perakitan)
|
Tata letak mendukung produk/ produksi(tata letak kelas/ rumah makan)
|
SDM dan desain pekerjaan
|
Menekankan pada keahlian teknis.standar karyawan konsisten (karyawan lini perakitan). Upah berdasarkan output (penjahit pakaian)
|
Karyawan berinteraksi langsung dengan pelanggan (kasir bank). Standar karyawan tergntung persyaratan pelanggan (kasus hukum)
|
Manajemen rantai pasokan
|
Hubungan rantai pasokan penting dalam menhasilkan produk akhir
|
Hubungan rantai pasokan tidak terlalu penting
|
Persediaan
|
Meliputi persediaan bahan baku, persediaan barang dalam proses, dan persediaan produk jadi
|
Jasa tidak dapat disimpan, tetapi pelayanan harus dapat mengakomodasi perubahan permintaan
|
penjadwalan
|
Kemampuan menyediakan produk sesuai dengan tingkat produksi
|
Berkenan dengan kemampuan bertemu pelanggan sesuai jadwal
|
Pemeliharaan/perawatan
|
Pemeliharaan bersifat pencegahan yang harus dilakukan selama produksi
|
Pemeliharaan bersifatperbaikan dan dilakukan terhadap pelanggan
|
3. Beri penjelasan, apa yang dimaksud dengan Quality Function Deployment (QFD)
QFD merupakan proses untuk menentukan kebutuhan atau keinginan pelanggan dan menerjemahkannya ke dalam atribut yang dipahami oleh bidang-bidang fungsional terkait (Hiezer dan Render, 2014).QFD digunakan dalam berbagai perencanaan, yaitu semua anggota tim dapat mengambil keputusan sistematis untuk memprioritaskan berbagai tanggapan yang mungkin terhadap sekelompok tujuan tertentu.
QFD merupakan metode perencanaan dan pengembangan produk dan jasa secara terstruktur yang memungkinkan tim pengembangan mendefinisikan secara jelas kebutuhan dan harapan pelanggan serta mengevaluasi kemampuan produk atau jasa secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan dan harapan tersebut.
QFD meruapakn suatu praktik untuk perbaikan proses yang memungkinkan organisasi umtuk memenuhi harapan pelanggan.
4. Beri penjelasan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi penentuan lokasi perusahaan
l Profil bisnis meliputi ciri dan karakteristik bisnis yang dijalankan dengan berbagai ukuran capain atau keberhasilannya.
l Faktor-faktor lokasi yang dominan; pemilihan lokasi untuk tergantung pada beberapa faktor dan merupakan pilihan diantara manfaat dan biaya
l Kriteria umum untuk pemilihan lokasi meliputi kriteria subjektif dan kriteria objektif
l Berbagai kesalahn umum yang dibaut dalam pemiliahn lokaso. Kesalahan pada umumnya terjadi apabiala perusahaan atau organisasi menutupi informasi yang diperlukan atau membatasi informasi yang masuk
l Multiple Location; lokasi yang dipilih sebaiknya tidak hanya satu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar